Home » Berita Sulap » Kode Etik Pesulap

Kode Etik Pesulap

​Sebelum menjadi pesulap, anda semua harus mengetahui ada beberapa kode etik pesulap :

1. Jagalah rahasia dibalik sulap tersebut. 

Sulap akan mengangumkan ketika rahasianya masih terjaga dengan baik. Seorang pesulap tidak akan memberitahukan rahasianya kepada siapapun.

2. Tidak mengulangi permainan lebih dari satu kali.

Setelah anda memainkan satu trik, pasti ada tantangan penonton yang mengatakan coba diulangi lagi. Pesulap tidak akan memainkan sulap yang sama berulang kali di saat yang sama dan dengan orang yang sama. Ketika anda mengulangi permainan yang sama maka anda memberikan kesempatan kepada penonton untuk mencari tahu triknya. Kalaupun terpaksa harus mengulangi sulap tersebut, mainkanlah sulap itu dengan variasi yang berbeda, sehingga rahasianya tetap terjaga. Jika tidak ada variasi lain, bisa d alihkan dengan trik sulap lainnya atau sudahi permainan anda.

3. Mengetahui kapan waktu anda mulai dan berhenti bemain sulap.

Jika anda bermain sulap terlalu lama, penonton akan bosan dengan permainan anda. Kalau penonton sudah tidak fokus, segera akiri permainan anda dan pergi dari sana, ini akan menjadikan penonton menjadi lebih penasaran dengan permainan anda. Dibandingkan jika anda teruskan permainan anda ketika penonton bosan anda bisa d tinggal penonton dan kelihatan seperti orang cupu bermain sulap.

4. Semangati penonton

Anda bisa menyemangati penonton dengan cara anda sendiri. Contoh : anda melakukan trik sulap, anda mengatakan bukan saya yang melakukan sulapnya tetapi penonton kita yang melakukannya.

5. Sesuaikan jenis permainan anda

Permainan yang anda pilih harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada dengan penonton anda. Jika penonton anda adalah anak anak jangan mainkan permainan yang rumit seperti hitungan matematika, anak – anak lebih suka permainan visual, perubahan, menghilangkan, memunculkan,dll. Jika penonton anda orang dewasa mereka lebih menyukai permainan baca pikiran, ilusi, dll.

6. Latihan … latihan … dan latihan

Sebelum anda mempertunjukkan permainan anda di depan umum pastikan anda sudah latihan dan menguasai trik yang anda mainkan. Jangan paksa diri anda untuk pertunjukkan sulap anda padahal anda belum menguasainya, ini memberikan kesempatan kepada penonton untuk mengetahui triknya. Latih kecepatan tangan anda, gerak gerik tubuh dan cara membawakan triknya.

7. Menghargai sesama pesulap

Jangan mengganggu sesama pesulap yang lagi beraksi. Contoh : ketika anda diminta membantu permainan karena dia tidak mengetahui anda pesulap, berlakulah seperti orang biasa bukan pesulap jangan menganggap remeh permainannya walaupun anda sudah mengetahui triknya. Anda juga bisa belajar dari permainannya.

8. Jika anda bertemu heckler

Heckler adalah orang yang mengacaukan permainan anda dan mencoba membongkar rahasia permainan anda. Anda bisa menyudahi permainan anda, dan omongkan dengan heckler tersebut untuk tidak mengganggu, karena permainan ini memang hanya trik manusia dan semua orang bisa melakukannya.

Tip n trik buat menghadapi heckler yang nakal : 

* Sediakan plan A dan plan B untuk permainan anda, ketika heckler membongkar plan A, anda bisa beralih ke plan B. 

*  Kebanyakan heckler hanya tau rahasia tapi tidak bisa memainkan trik tersebut, ajak heckler bermain bersama anda dengan melakukannya bersama sama. Nah ketika anda bisa dan heckler tidak bisa maka heckler akan malu dan berhenti mengganggu anda.

9. Gunakan sulap untuk hal positif

Anda belajar sulap untuk menghibur, jadi jangan menggunakan untuk hal negatif. Contoh : aliran pick pocket untuk tindakan kriminal. Jangan mentang – mentang anda pesulap menggunakan kesempatan dalam kesempitan untuk memegang tangan, pundak wanita yang bermain dengan anda, lakukan dengan profesional dan etika.

10. Penampilan

Buat penampilan yang cocok dengan permainan anda. Penampilan memang hal yang sepele, tetapi dengan penampilan bisa memperkuat karakter anda, dan bisa membuat anda menjadi pesulap profesional di mata penonton.
Ciri – ciri pesulap sejati :

1. Mau terus berlatih

2. Pantang menyerah, tidak putus asa

3. Tidak sombong dan tidak suka pamer

4. Tidak cepat berbangga diri

5. Percaya diri

6. Bertanggung jawab

Leave a comment